Dampak yang Timbul Jika Tubuh Kekurangan Magnesium


Dampak yang Timbul Jika Tubuh Kekurangan Magnesium,- Magnesium atau zat besi merupakan senyawa penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Magnesium digunakan untuk 300 reaksi biokimia dalam tubuh. Didalam tubuh manusia, sebagian besar magnesium terletak di dalam tulang. Selain untuk reaksi biokimia, manesium juga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, seperti menjaga kesehatan tulang manusia, menjaga kesehatan kehamilan, menjaga kesehatan jantung, dan sebagainya.

Cara terbaik untuk memastikan Anda mendapatkan magnesim yang cukup adalah dengan mengonsumsi banyak makanan bernutrisi termasuk gandum utuh, legume, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau.

Anda tidak perlu takut mendapat asupan magnesium yang berlebih dai konsumsi bahan makanan alami. Karena pria dan wanita dewasa usia 19-30 tahun membutuhkan kurang lebih 10 mg magnesium perhari sedangkan wanita hamil membutuhkan sekitar 40 mg asupan magnesium setiap harinya.

Dampak yang Timbul Jika Kekurangan Magnesium pada Tubuh


Disamping itu, jika tubuh mengalami kekurangan magnesim, maka dapat menyebabkan timbulnya berbagai gangguan bagi kinerja organ tubuh manusia, terutama bagi kesehatan tulang, karena magnesium merupakan komponen penyusun tulang.

Berikut ini beberapa dampak yang timbul jika tubuh kekurangan magnesium :
  • Memiliki Risiko Osteoporosis

Mendapatkan asupan magnesium yang cukup artinya Anda memiliki tulang yang padat, terhindar dari patah tulang dan osteoporosis. Hal ini masuk akal, karena 60% magnesium tubuh trsimpan dalam tulang. Peneliti menunjukkan, beberapa tikus yang diujicobakan di laboratorium mengalami tulang rapuh dan perkembangan tulang yang tak sempurna akibat kurang magnesium.
  • Tekanan Darah Meningkat

Diet rendah magnesium dapat menyebabakn hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sayangnya, suplemen tidak selalu bisa mengatasi hal tersebut. Coates menjelaskan, magnesium bisa jadi memengaruhi beberapa reaksi kimia di tubuh yang bertanggungjawab mengatur tekanan darah. Seperti misalnya dengan mengatur kadar pottasium dan kalsium, mineral kunci yang mengontrol tekanan darah dalam sel tubuh.
  • Sering Sakit Kepala

Ada beberapa bukti bahwa orang yang menderita sakit kepala seringkali disebabkan oleh kurangnya asupan magnesium. Alasannya, kekurangan magnesium bisa memengaruhi kimia otak dan memicu aktivitas otak yang mengarah pada migrain.
  • Detak Jantung Tidak Normal

Salah satu fungsi magnesium adalah untuk menjaga ritme jantung tetap pada kondisi normal. Jika tubuh kekurangan magnesium, maka denyut jantung menjadi tidak teratur.
  • Merasa Geli

Defisiensi magnesium secara ekstrim bisa membuat Anda merasa kebas, geli (kesemutan), hingga mengalami kram otot. Coates mengatakan, magnesium juga berperan pada fungsi otot dan saraf.
  • Menyebabkan Kram Otot

Mencukupi kebutuhan magnesium terbukti dapat membuat otot menjadi rileks. Jika tubuh kekurangan magnesium tentu otot akan mudah mengalami gangguan seperti kram otot.
  • Meningkatkan Risiko Depresi

Konsumsi magnesium secara terkontrol terbukti dalam merileksasikan sistem saraf manusia, sehingga terhindar dari stres. Stres merupakan penyebab utama dari depresi. Karena itu, kekurangan magnesium dapat meningkatkan risiko terserang depresi.

0 Response to "Dampak yang Timbul Jika Tubuh Kekurangan Magnesium"

Posting Komentar